PUPUK HAYATI RioGEN Inovasi Bidang Pertanian Karya Putera Bangsa ------ Terdaftar DEPTAN HAYATI NO. 03.02.2015.019 --------- RioGEN Dari Merapi Untuk Petani

Selasa, 26 April 2016

Bupati Ciamis Hadiri Panen Raya Demplot Riogen Desa Gegempalan

CIAMIS

Bupati Ciamis Hadiri Panen Raya Demplot Riogen Desa Gegempalan

Dirilis oleh Lilis Susilawati - Kamis, 21 April 2016 | 17:41:25 WIB

Foto (Lilis S) : Bupati Ciamis dan Ketua Kelompok Tani Sri Waringin Desa Gegempalan Pada Panen Raya
Buletin Indonesia News
CIAMIS, -- Upaya pemerintah dalam pemenuhan kebutuhan akan pangan masyarakat terus digalakkan dan diupayakan dengan berbagai keterpaduan kegiatan. Sasarannya yaitu produksi pangan terutama padi atau beras di tahun 2016. Upaya tersebut diharapkan selain mampu memenuhi kebutuhan pangan masyarakat juga  sebagai sarana peningkatan pendapatan masyarakat.
Panen Raya Demplot Riogen yang di gelar di Desa Gegempalan Kecamatan Cikoneng Kabupaten Ciamis, Kamis (21/04/2016) di 25 (dua puluh lima) hektar area persawahan , yang di kelola oleh Kelompok Tani Sri Waringin ini dihadiri oleh Unsur Muspida dan Muspika Kabupaten Ciamis.
Ketua Kelompok Tani Sri Waringin Desa Gegempalan Tatang Lasmana menjelaskan terkait Pupuk Riogen yang merupakan kunci keberhasilan panen yang melimpah.
Pupuk Riogen telah mengadakan demplot di Kabupaten Ciamis, diantaranya di Kecamatan Raja Desa dengan ubinan 6,8 ton perhektar, di Desa Imbanagara Raya Kecamatan Ciamis  12 ton perhektar, di Kecamatan Sadananya 14 ton perhektar serta di Pangandaran menghasilkan 12 ton perhektar dan di Desa Gegempalan Kecamatan Cikoneng sebanyak 6,2 ton perhektar dengan rata – rata ubinan 5,8 ton perhektar. Angka tersebut sudah melebihi angka rata – rata panen di Kabupaten Ciamis.
Sementara itu, Bupati Ciamis Drs. H. Iing Syam Arifin dalam sambutannya menyampaikan, program pertanian di Indonesia saat ini menjadi tolak ukur keberhasilan pemerintah , mengenai ketahanan pangan,  Indonesia  merupakan Negara yang paling strategis , karena Indonesia merupakan Negara ke - 4 (empat) paling banyak penduduknya di dunia. Sementara untuk memenuhi hal tersebut Pemerintah harus berupaya secara swadaya dengan kemandirian untuk menyediakan pangan yang cukup bagi masyarakat.
 Salah satu upayanya yaitu seperti Panen Raya ini,  Pemerintah dalam hal ini telah memberikan bantuan berupa alat pertanian kepada para pelaku tani seperti traktor, combine harvester (mesin panen), dan alat lainnya yang dapat memudahkan pekerjaan para petani.
“Meski daerah Gegempalan merupakan sawah tadah hujan, tetapi dengan menggunakan Pupuk Cair Riogen hasilnya dapat mencapai angka rata – rata panen di Kabupaten Ciamis. Untuk sisa pohonya pun dapat diolah kembali menjadi pupuk kompos dengan kualitas terbaik setelah di campur dengan Pupuk riogen”, terangnya.    
“Walaupun sawah tadah hujan, kita harus hati – hati, kita jangan spekulasi, kalau kata Menteri Pertanian pagi panen sore tanam , itu merupakan suatu motto percepatan, kita jangan lengah jangan memberikan peluang yang mubajir. Termasuk di Gegempalan ini,  ketika hari ini panen , sorenya harus direncanakan tanam , tapi harus dengan aturan - aturan secara iklim atau secara musim, jangan sampai menjadi mubajir”, jelasnya.
Di akhir sambutannya,  Bupati Ciamis memberikan bibit pohon kelapa (kitri) secara simbolis kepada setiap perwakilan di Desa Gegempalan,  dengan harapan bisa di tanam dan dirawat dengan baik, agar di masa yang akan datang anak cucu kita dapat menikmatinya, karena kelapa merupakan pohon yang memiliki banyak manfaat. (Lilis Susilawati)

Sumber : http://www.buletinindonesianews.com/ciamis/2629/bupati-ciamis-hadiri-panen-raya-demplot-riogen-desa-gegempalan.html

0 komentar:

Posting Komentar